Edukasi Masyarakat untuk Menjaga Kelestarian Alam

Edukasi Masyarakat untuk Menjaga Kelestarian Alam

Edukasi Masyarakat untuk Menjaga Kelestarian Alam – Teknologi pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas edukasi. Selama ini, hasil belajar peserta didik sering menjadi barometer keberhasilan proses pembelajaran. Namun, untuk mencapai hasil belajar yang optimal, diperlukan pendidik yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang memadai serta menghayati profesinya sebagai pendidik.

Profesi kependidikan merupakan kegiatan yang membutuhkan ketrampilan, baik berupa latihan ketrampilan terbatas maupun keterampilan yang terintegrasi dan mandiri. Pembentukan kemampuan profesionalisme kependidikan memerlukan pengintegrasian fungsional antara teori, praktik, dan materi serta metodologi penyampaiannya. Tugas pendidik adalah mendidik, mengajar dan melatih merupakan perbuatan yang kompleks, penggunaan secara integratif sejumlah keterampilan untuk menyampaikan pesan pembelajaran.

Pembelajaran merupakan terjemahan dari kata instructional, berpijak pada psikologi kognitif holistic yang selanjutnya diikuti pandangan konstruktif dan humanistik. Pembelajaran juga dipengaruhi adanya perkembangan teknologi, bahwa belajar dapat dipermudah melalui sumber belajar selain pendidik, sehingga mengubah peran pendidik dalam pembelajaran.

Desain sistem pembelajaran adalah prosedur yang terorganisasi tersusun dari penganalisaan, perancangan, pengembangan, aplikasi dan penilaian. Desain pesan merupakan perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan sehingga terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima.

Teknologi pembelajaran terdiri dari desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian. Pengembangan adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik, di dalamnya meliputi: teknologi cetak, teknologi audio-visual, teknologi berbasis komputer, teknologi terpadu.

Peran Teknologi dalam Pendidikan

Edukasi Masyarakat untuk Menjaga Kelestarian Alam Teknologi memainkan peran besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi proses dan sumber belajar. Teknologi ini membantu pendidik dalam melaksanakan tugas mereka dengan lebih baik dan membantu peserta didik untuk belajar dengan lebih efektif.

Pembelajaran Teknologi terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian. Masing-masing bagian ini memainkan peran penting dalam proses pembelajaran dan memiliki peran yang berbeda dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Desain sistem pembelajaran adalah prosedur yang terorganisir dan tersusun dari penganalisisan, perancangan, pengembangan, aplikasi, dan penilaian. Desain ini harus spesifik dan sesuai dengan media dan tugas belajar.

Pengembangan teknologi pembelajaran adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik. Ini melibatkan teknologi cetak, teknologi audio-visual, teknologi berbasis komputer, dan teknologi terpadu.

Pemanfaatan teknologi pembelajaran melibatkan aktivitas yang meliputi proses dan sumber untuk belajar. Ini sangat penting untuk hubungan antara peserta didik dengan bahan atau sistem pembelajaran. Wikipedia

One thought on “Edukasi Masyarakat untuk Menjaga Kelestarian Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *